Rabu, 21 Maret 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


(Hakikat Manusia & Kepribadian Bangsa Timur)

Manusia dalam hakikatnya adalah makhluk tuhan yang sempurna yang tidak dapat hidup sendiri atau individu, melainkan hidup berkelompok dan membutuhkan bantuan dari orang lain , akan tetapi masih juga terdapat manusia yang bersifat individualisme. Manusia hidup dimuka bumi ini terhitung sebentar atau sementara. Manusia itu dominan bersifat tidak pernah puas dengan apa yang mereka yang miliki, kalau menurut pendapat saya hal itu disebabkan adanya perkembangan jaman yang mempengaruhi sifat manusia dan juga kebudayaan kebudayaan manusia.
Kebudayaan jelas sangat erat hubungannya dengan manusia, diawali dengan saling berinteraksi dengan sesame hidup tidak secara individual maka muncullah kebudayaan. Kebudayaan banyak ragamnya dan macamnya disetiap Negara dan daerah .Kebudayaan juga tergantung dari sifat adat dan bawaan dari leluhur mereka. Jika manusia tidak saling berinteraksi atau tidak ada maka kebudayaan ras di berbagai Negara pun tidak ada. Kebudayaan itu bias diartikan suatu ciri khas dari daerah ,kawasan atau Negara tersebut. Jadi jika kita pergi ke daerah lain kita harus mengetahui dan dapat menyatu oleh masyarakat di daerah tersebut.
Kebudayaan manusia atau khususnya kebudayaan bangsa timur sangat mudah terpengaruh oleh perkembangan jaman, contohnya :  kemajuan teknologi, gaya hidup, cara berpakaian dll. Hal itu juga disebabkan bangsa barat yang banyak berkunjungng atau berwisata kebangsa timur contohnya bali, dan akhirnya bvanyak orang yang meniru gaya gaya bangsa barat. Kalau manurutmpendapat saya kebudayaan bangsa kita sendiri yaitu bangsa Indonesia sudah sangat rapuh karena semakin tipisnya budaya budaya bangsa Indonesia yang sudah jaranbg dilestarikan kareana masyarakat Indonesia banyak yang berfikiran bahwa budaya budaya Indonesia ketinggalan jaman atau yang biasa disebut “ jadul” .  
            padahal menurut saya kebudayaan kebudayaan bangsa Indonesia itu sangat unik dan tidak dimiliki oleh Negara Negara lain dan kebudayaan ini seharusnya dilestarikan terus menerus , hal tersebut mungkin juga dikarenakan kurangnya penanaman diri seseorang, agar adanya rasa cinta dengan kebudayaan Indonesia seseorang harus diperkenalkan atau ditanamkan darikecil agar sudah terbiasa sampai dewasa nanti dengan kebudayaannya sendiri yaitu kebudayaan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar